Minggu, 01 November 2009

Fakta Mengenai Diabetes

Reaksi dan pendapat tiap orang mengenai penyakit diabetes tentu sangat berbeda, namun masih banyak yang mengaitkan penyakit diabetes di sebabkan akibat terlalu banyak mengkonsumsi Gula atau makanan yang manis-manis. Sobat netter, saat ini perlu kita ketahui sebenarnya penyebab utama penyakit diabetes adalah karena kita terlau banyak makan.


Di sini saya coba kutip ulasan Dokter Mehmet Oz mengani Penyakit Diabetes

Pada dasarnya, diabetes menyerupai karakter seorang selebriti; ia mudah berbuat kesalahan yg tdk biasa dilakukannya. Sebagian besar org cenderung menganggap penyebab diabetes adalah kelebihan makanan berkadar gula tinggi, namun sesungguhnya, diabetes terjadi karena Anda terlalu banyak makan, Titik!

Berikut Proses Terjadinya
Seluruh bahan makanan — baik protein, lemak, maupun karbohidrat — akan di pecah menjadi Glukosa. Apabila Anda mengalami resistensi insulin dan makan terlalu banyak, misalnya daging, kentang, dan pie dgn krim kelapa, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap kelebihan glukosa. Kondisi Tersebut menyebabkan kadar glukosa darah terus meningkat hingga lebih tinggi dari pada balon udara yg diisi helium. Kadar Glukosa darah berada dalam pengawasan sel-sel pankreas yg menjadi satu-satunya penghasil insulin, yaitu hormon yg mengangkut glukosa yg ada di luar sel ke dalam sel tubuh sehingga tubuh dapat mengubah glukosa menjadi energi yg siap di gunakan

Saat alarm berdering sbgai pertanda dibutuhkannya lebih banyak insulin utk mengangkut kelebihan glukosa dalam darah, tubuh bekerja bagaikan pelari Gemuk yg berada di barisan depan kelompok pelari maraton; ia tdk bisa berbuat banyak. Oh, ia kelelahan dan menghasilkan lebih banyak insulin, namun jumlah yg di butuhkan di luar batas kemampuannya. Seseorang penderita diabetes tipe 2 telah kehilangan semangat juang glukosa-insulin ini, dan mengawali suatu siklus yg tdk berujung pangkal. Kita terbiasa menyimpan cadangan lemak tubuh agar dapat bertahan hidup, namun saat ini lemak justru menyebabkan resistensi insulin, sehingga menimbulkan lebih banyak lemak dalam tubuh, menyebabkan insulin menjadi lebih resisten dan sterusnya…

Efek/akitbat diabetes akan menjalar seperti : Artritis, Infeksi, gagal ginjal, percepatan penuaan arteri (yaitu serangan jantung, stroke, gangguan ingatan & Impotensi) , kerusakan pada saraf perifer, dan gangguan penglihatan yg mungkin berujung pada kebutaan.






0 comments: