Senin, 07 September 2009

DIET VEGETARIAN UNTUK BALITA

Gizi yang baik adalah salah unsur untuk mewujudkan manusia yang berkualitas. Diet vegetarian memberikan kesempatan pada anak untuk belajar menikmati aneka ragam makanan yang menarik dan bergizi. Kekhawatiran bahwa anak-anak akan kekurangan gizi apabila menjadi vegetarian adalah tidak benar, karena makanan vegetarian memberikan nutrisi yang terbaik untuk semua tahap kanak-kanak, dari sejak lahir hingga dewasa.

Bayi
Makanan terbaik untuk bayi adalah Air Susu Ibu atau ASI. Apabila karena sesuatu hal tidak dapat memberikan ASI maka susu rumusan kedelai adalah pilihan yang baik. Tapi tentu saja ASI tetap makanan terbaik untuk bayi. ASI merupakan makanan yang paling lengkap mengandung zat-zat gizi yang sangat dibutuhkan bayi. Pada hari pertama sampai keempat setelah melahirkan, payudara ibu akan mengeluarkan zat kekebalan, protein, dan mineral yang tidak akan dapat ditemukan pada susu apapun juga.

Bayi tidak memerlukan makanan lain selain ASI atau rumusan kedelai untuk bulan-bulan pertama hidupnya. Wanita vegetarian yang memberi ASI pada bayinya harus memastikan mendapat vitamin B12 dalam dietnya, karena makanan dapat mempengaruhi kadarnya dalam ASI. Makanan yang diperkaya dengan cyanocobalamin, bentuk aktif dari vitamin B12, dapat menyediakan jumlah nutrisi ini secukupnya.

4-5 bulan
Pada usia 4-5 bulan, makanan lain dapat ditambahkan. Berikan satu jenis makanan baru, selama beberapa waktu yaitu antara 1 hingga 2 minggu berturut-turut, sebelum anda mengganti atau menambah dengan jenis makanan lain. Panduan berikut menyediakan rencana fleksibel untuk penambahan makanan pada bayi anda.

perkenalkanlah cereal bayi yang diperkaya zat besi. Cobalah memberikan cereal beras pertama kali, karena makanan ini yang paling tidak beresiko menimbulkan alergi. Campurkan dengan ASI atau rumusan kedelai. Lalu tawarkan cereal gandum atau jali-jali ke bayi anda.

6-8 bulan
  • Perkenalkanlah sayur, sayur hendaknya dimasak dan dihaluskan. Kentang, kacang hijau, wortel, dan kacang adalah pilihan pertama yang baik. Perkenalkanlah buah kemudian. Cobalah pisang, alpokat atau apel.
  • Pada umur 8 bulan, kebanyakan bayi sudah dapat memakan crackers, roti dan cereal kering.
  • Juga, pada umur 8 bulan, bayi dapat mulai memakan makanan tinggi protein seperti tahu atau kacang yang telah dimasak matang dan dilumatkan.

Anak-anak
Anak-anak memerlukan kalori dan nutrisi yang tinggi, tetapi lambungnya kecil. Jadi tawaran anak snack lebih sering, dan termasuk beberapa makanan yang kurang besar seperti padi-padian yang diproses dan jus buah. Kurangi jus karena anak-anak akan cenderung banyak mengkonsumsinya melebihi makanan lain.


Kelompok Makanan Untuk anak-anak
Roti, cereal, padi-padian.
Termasuk semua roti, cereal hangat dan dingin, pasta, padi-padian yang dimasak seperti padi, jali-jali dan crackers.

Kacang-kacangan
Termasuk semua kacang, tahu, tempe, protein nabati (TVP); semua kacang dan mentega kacang, biji-bijian dan tahini.

Susu kedelai yang diperkaya
Termasuk susu kedelai yang diperkaya dan susu formula atau ASI.

Sayur-sayuran
Termasuk semua sayuran mentah atau dimasak yamg mana dapat dibeli secara segar, termasuk jus sayur.

Buah
Termasuk semua buah segar dan jus buah.


Sajian Yang Duanjurkan :

Umur 1-3 tahun
Roti, cereal, padi-padian : 6 porsi atau lebih; 1 porsi adalah ½ -1 potong roti; ¼ - ½ gelas cereal, padi-padian, pasta masak; ½ - 1 cerala siap saji.

Legume dan biji-bijian : 2 porsi atau lebih; 1 porsi adalah ¼ - ½ gelas kacang masak, tahu, tempe, TVP; 1 - 2 sendok kacang, biji-bijian atau mentega kacang.

Susu kedelai yang diperkaya : 3 porsi; 1 porsi adalah 1 gelas susu kedelai yang diperkaya, susu pormula atau ASI.

Sayur : 2 porsi atau lebih; 1 porsi adalah ¼ - ½ sayur masak atau ½ - 1 gelas sayur mentah.

Buah : 3 persi atau lebih; 1 porsi adalah ½ gelas jus; 1 buah sedang

Lemak : 3 porsi; 1 porsi adalah 1 sendok the margarin atau minyak.


Umur 4-6 Tahun
Roti, cereal, padi-padian : 6 porsi atau lebih; 1 porsi adalah 1 potong roti; ½ gelas cereal, padi-padian atau pasta; ¾ - 1 gelas cereal siap saji.

Legume dan Biji-bijian : 1½ hingga 3 porsi; 1 porsi adalah ½ gelas kacang masak, tahu, tempe atau TVP; 2 sendok makan kacang, biji-bijian atau mentega kacang.

Kacang kedelai yang diperkaya : 3 porsi; 1 porsi adalah 1 gelas susu kedelai.
Sayur : 1 - 1½ porsi; 1 porsi adalah ½ gelas sayur masak atau 1 gelas sayur mentah.

Buah : 2 - 4 porsi; 1 porsi adalah ¾ gelas jus; 1 buah sedang.

Lemak : 4 porsi; 1 porsi adalah 1 sendok the margarin atau minyak.

Cacatan : ukuran porsi dapat bervariasi tergantung umur anak.

Untuk menambah kalori lebih pada makanan, termassuk lebih banyak mentega kacang, buah kering, produk dan makanan tinggi kalori lain.

Pastikan untuk memberikan sumber vitamin B12 secara teratur. Sumber yang baik termasuk makanan yang diperkaya seperti susu kedelai, cereal, dan suplemen vitamin B12.

Bila anak-anak tidak mendapatkan pemaparan sinar matahari secara teratur (penjemuran muka dan tangan 20-30 menit selama 2-3 kali tiap minggu), yang mana merangsang pembuatan vitamin D, makanan yang diperkaya dan suplemen dianjurkan.






0 comments: