Jumat, 06 November 2009

siklus Tubuh manusia

Setiap fungsi tubuh mempunyai irama biologis yang jam kerjanya tetap dan sistematis dalam siklus 24 jam setiap hari. Siklus tersebut terbagi 3 periode, yakni :

1. Siklus Pencernaan
Siklus ini berlangsung dari pukul 12.00 sampai pukul 20.00. saat ini merupakan saat tepat untuk menkonsumsi makanan padat karena selama 8 jam ini tubuh secara aktif bekerja mencerna makanan. “Itulah sebabnya bila kita tidak makan siang hari, tubuh merasa lapar karena saat ini tubuh banyak mengeluarkan energi untuk mencerna.

2. Siklus Penyerapan
Sejak pukul 20.00 – pukul 04.00 tubuh mulai melakukan penyerapan. Sebagian besar zat makanan yang telah dicerna dibagikan ke seluruh tubuh. “Pada saat ini kita harus cukup tidur dan tidak makan lagi supaya energi yang ada pada tubuh betul-betul digunakan untuk membagi makanan bukan untuk melakukan aktivitas tertentu atau mencerna makanan,. Jangan pula dilupakan, pada saat ini tubuh juga mengganti sel-sel yang rusak dengan yang baru. Bila energi terlalu banyak dikeluarkan untuk mencerna makanan atau melakukan kegiatan lain, maka proses pembentukan sel baru tidak lagi efisien. Akibatnya, kita menjadi lelah, kulit kusam, dan penuaan dini pun terjadi.

3. Siklus Pembuangan
Siklus ini merupakan siklus terakhir, terjadi antara pukul 4 subuh hingga 12 siang. Pada saat ini paling banyak dikeluarkan energi. Karena itu alangkah baiknya bila kita tidak menyantap makanan padat supaya tidak boros energi. Meminum segelas juice sudah cukup di pagi hari. Dengan begitu kita sudah membiarkan tubuh untuk melakukan pembuangan secara maksimal.
Ketiga siklus di atas bukan cuma membuat kita harus memperhatikan kapan waktu makan yang tepat, tetapi juga keseimbangan asam dan basa (nilai pH makanan) yang kita santap. Salah kombinasi sedikit saja, kelancaran proses pencernaan tubuh akan terganggu. Beberapa contoh makanan pembentuk asam misalnya protein hewani, lemak dan minyak, produk susu, biji-bijian, kacang tanah, makanan beragi, alkohol. Sedangkan makanan pembentuk basa yaitu buah-buahan, sayuran, kentang yang direbus dengan kulitnya, susu mentah, kedelai, taoge, kacang-kacangan (kecuali kacang tanah) dan sebagainya. “Makanan ini dikombinasikan agar pH tubuh kita selalu netral.

Selain mengelompokkan asam-basa, makanan juga dibagi menjadi 5 kelompok makanan berdasarkan kandungannya, yaitu zat pati, protein, sayuran, kelompok netral, dan buah-buahan. Semua kelompok makanan ini bisa dimakan bersamaan dalam pola FC, kecuali kelompok protein dan zat pati tidak boleh dikonsumsi bersamaan.

Buah juga dikonsumsi sendiri pada pagi hari karena mudah dicerna dan tidak membutuhkan energi besar. “Selanjutnya, jika sudah mengkonsumsi protein, maka sebaiknya ditemani sayuran untuk menetralkan




0 comments: