Senin, 07 September 2009

Menurunkan kadar kolesterol dengan Oatmeal

Bukan hal baru jika sejumlah penelitian medis menunjukkan bahwa penderita kolesterol tinggi yang menjadi penyebab jantung koroner, di Indonesia semakin meningkat. Penelitian itu juga menyebutkan pola hidup dan makan yang tidak berimbang menjadi faktor penyebab utama.

Kondisi seperti itu pula yang menyebabkan penyakit jantung koroner dan stroke di belahan negeri ini tetap menduduki urutan pertama. Celakanya lagi, rata-rata penderitanya adalah pria. Bahkan resiko pria terserang penyakit jantung koroner ini lebih besar satu setengah sampai dua kali dibandingkan dengan wanita. Tak ubahnya kecenderungan penyakit jantung di dunia yang banyak terjadi pada mereka yang berusia di bawah 65 tahun, di Indonesia pun penyakit ini juga banyak menyerang para pria usia produktif.

Namun sebenarnya menjinakkan penyakit kronis satu ini tidaklah terlalu sulit asal masyarakat konsisten dengan upaya pencegahan meningkatnya jumlah kolesterol dalam tubuh. Caranya pun sangat mudah, cukup dengan memperhatikan pola makan dan gaya hidup sehat dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat larut air. Jenis makanan seperti itu selain kaya vitamin dan energi juga dapat menurunkan kadar kolesterol 1% hingga 12%.

Lanny Lestiani lewat program penelitian populer Smart Heart Challenge telah beberapa kali berhasil membuktikannya. Dia telah melakukan penelitian pada sedikitnya 86 responden pengindap kadar kolesterol tinggi yakni di atas 200mg/ld di dua perusahaan di Jakarta. Program penelitian tersebut berlangsung selama 30 hari. Dalam jangka satu bulan itu dia memberikan semua respondennya asupan makanan 70 gram makanan instan seperti oatmeal yang diketahui memiliki kandungan serat air 70 gram. Ternyata mereka yang disiplin dengan makanan seret air mampu menurunkan kandungan kolesterol hingga 12% sehingga yang semula sudah berada pada kondisi ambang batas terancam jantung koroner kembali normal.

Pola Makan Seimbang
Lanny mengatakan serat larut air ini dapat membantu menurunkan kolestrol darah dengan cepat apabila orang bersangkutan juga menjaga aktivitasnya serta disiplin dengan pola makanan seimbang terutama yang rendah lemak. Karena itu dia berharap program smart heart tidak saja mampu memotivasi mereka yang telah mengikuti program untuk menjalankan hidup sehat mandiri dengan mengatur pola makanan yang sehat dan seimbang, tetapi juga menjadi kampanye masyarakat yang sadar kesehatan mandiri.

Memang banyak hal yang menyebabkan orang berpotensi terkena serangan jantung koroner di antaranya stres karena pekerjaan, olah raga tidak teratur, merokok dan miniman alkohol sampai pola makan yang tidak benar. Semua itu mau tidak mau harus dapat dihindari, termasuk didalamnya kebiasaan mengomsumsi makanan tinggi lemak tetapi rendah serat.

Lanny menganjurkan banyak mengonsumsi makanan serat larut adalah cara efektif menurunkan kolesterol dalam darah. Apalagi jenis makanan seperti ini juga mudah ditemukan di Indonesia. Serat ini biasanya banyak terdapat pada buah apel, jeruk, pisang, peach, dan kacang-kacangan terutama oatmeal. Khususnya tentang oatmeal , kata dia zat oat akan mampu mengubah kolesterol menjadi asam empedu yang kemudian dilepas ke usus halus untuk membantu mencerna lemak dari makanan.

Bila anda makan oatmeal, serat larut oat dalam usus halus akan membentuk gel yang mengikat lemak, kolesterol dan asam empedu. Karena diikat, maka dan serat larut oat yang berbentuk gel sebagian menjadi asam empedu ini pun tidak dapat diserap kembali melalui dinding usus halus. Asam empedu ini akhirnya dikeluarkan melalui usus besar sehingga asam empedu yang ada di hati menjadi berkurang. Untuk menggantikan asam empedu yang hilang, hati akan menarik kolesterol dari darah untuk memproduksi asam empedu, akibatnya total kadar kolesterol dalam darah akan menurun.

Begitu pula dengan banyak mengonsumsi makanan yang kaya serat larut entah itu dalam bentuk alami seperti bauh-buahan dan kacang-kacangan atau yang sudah banyak dikemas dalam bentuk instan. “yang penting melakukan secara terus menerus dan diimbangi dengan istirahat serta olah raga yang cukup,”.

cara lain untuk menurunkan kadar kolesterol adalah mengkonsumsi MELILEA Greenfield Organic berisikan lebih dari 28 macam sayur-sayuran, bijij-bijian dan buah-buahan yang di tanam secara Organik dan telah di nyatakan bebas polusi dan pupuk kimia hingga pada taraf 0%, diproses dengan menggunakan teknologi terkini dan tercanggih. Nutrisi botanik yang tak ternilai ini di formulasikan untuk membentuk keseimbangan tubuh manusia.

MELILEA Greenfield Organic menyajikan campuran serat yang dapat dilarutkan, bahkan ia mampu sebagai pembersih tubuh yang baik. Makanan organik alami ini memberikan nutrisi botanikal alami termasuk vitamins, garam mineral serta fitonutrient (nutrisi dari tumbuhan).
untuk keterangan mengenai Melilea Greenfield Organic klik disini




0 comments: